Pages

Rabu, 16 Mei 2012

Pertarungan Google Plus Vs Facebook



google + google plus 120x120 Pertarungan Google Plus Vs FacebookApa sobat udah tau tentang Google Plus (Google +)? Salah satu program terbaru google untuk melawan dominasi Facebook dalam situs jejaring sosial. Google Plus situs jejaring sosial baru yang diluncurkan Google sebenarnya adalah usaha kesekian kalinya Google untuk melawan Facebook. Sebelumnya Google telah meluncurkanGoogle WaveGoogle Buzz dan Orgut. Namun  seperti kurangnya respon dari para pengguna internet sehingga peminat dari program google tersebut sangat minim sekali. Para netter masih setia dengan Facebook sebagai situs jejaring sosial faforit mereka.
“Kami ingin memperbaiki pengalaman berbagi di Internet sebelumnya,” kata engineer senior Google, Vic Gundotra, seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu 29 Juni 2011.
Google plus  ini sedikit mirip dengan Facebook. Para membernya bisa update status di Google plus, updload foto ataupun tautan, ya…seperti yang biasa dilakukan di Facebook. Hanya saja menurut Gundotra, Google +bisa memisahkan member di jejaringannya dengan kelompol2. Misalnya kelompok kerja dan kelompok rekan kerja.

Google Plus (Google +)

google plus google + 600x464 Pertarungan Google Plus Vs Facebook
google plus (google +) Home Page
“Sebab tidak semua hubungan kita sama. Seperti hubungan kita dengan bos pasti berbeda dengan hubungan kita dengan orang tua kita,” katanya. Gundotra menjelaskan, Facebook sendiripun banyak mendapatkan kritik soal pemisahan kelompok2 itu. Banyak status dari para member yang tidak ingin statusnya dilihat oleh semua temannya. Hanya orang2 tertentu saja misalnya. Nah, Google + telah menyediakan fitur tersebut.
Dari halaman muka di atas, terdapat pesan bahwa Google Plus masih dalam proses pengujian. Berikut arti dari pesan singkatnya:
“Sekarang, kami dalam proses pengujian dengan sejumlah kecil orang, tapi tidak akan lama sebelum proyek Google + benar2 siap untuk semua orang. Tinggalkan kami alamat email anda dan akan kami pastikan Anda yang pertama tahu kapan kita siap untuk mengundang lebih banyak orang.”
Peluncuran Google Plus (Google+) ini menjadi pertaruhan Google untuk masuk ke pertarungan jejaring sosial. New York Times menulis Google+ sepertinya terlambat masuk ke kancah ini.
Menurut datacomScore, pada Mei tahun ini, sebanyak 180 juta orang mengunjungi situs Google termasukYouTube. Angka ini memang lebih besar dari Facebook yang dikunjungi 157,2 juta orang. Namun, para Facebooker rata-rata menghabiskan waktu 375 menit. Adapun pengunjung Google hanya menghabiskan waktu 231 menit.
Google Plus memiliki beberapa fitur yang unik yang sedikit berbeda dari situs jejaring sosial sejenisnya. Sudah tentu fitur2 inilah yang dijadikan seebagai senjata Google + untuk mengalahkan dominasi Facebook ataupun situs jejaring sosial lainnya. Beberapa fitur dari Google Plus yakni diantaranya adalah :

Fitur Google Plus

  1. Circles yang berguna untuk mengorganisir daftar teman Anda ke dalam kelompok-kelompok tertentu untuk berbagi informasi (yang mana Facebook juga mengeluarkan tandingan dari Circle ini dengan nama Circle Hack).
  2. Huddle yang sejatinya adalah group chat, dimana seperti Anda menggunakan fitur conference pada Yahoo! Messenger.
  3. Hangouts yang hampir mirip dengan Huddle tapi yang ini menggunakan fitur video.
  4. Instan Upload untuk menyimpan foto atau video dari album pribadi Anda untuk tujuan berbagi. Koleksi foto atau video ini akan tetap berada di Google+ dalam kondisi private sampai Anda memutuskan akan di ‘share’ dengan siapa.
  5. Sparks dimana adalah kumpulan koleksi artikel, foto, video, atau konten lain yang dikelompokkan berdasarkan kesukaan Anda.
  6. Streaming yang mirip dengan News Feed dari Facebook atau Wall untuk melihat update dari teman.
Bagaimana menurut sobat? Apa kalian tertarik mencoba Google Plus? Tidak ada salahnya kalau kalian ingin mencobanya. Silahkan langusng saja kunjungi link berikut https://plus.google.com/. Siapa tahu nantinya Facebook benar2 takluk oleh Google Plus.

0 komentar

Posting Komentar